Daftar Isi | s_pbb_054803_table_of_content.pdf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bab I | s_pbb_054803_chapter1.pdf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bab II | s_pbb_054803_chapter3.pdf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bab III | s_pbb_054803_chapter3.pdf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bab IV | s_pbb_054803_chapter4.pdf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bab V | s_pbb_054803_chapter5.pdf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Daftar Pustaka | s_pbb_054803_bibliography.pdf |
Minggu, 28 Oktober 2012
SKRIPSI Psikologi: PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkembang di era
globalisasi di mana tantangan dan persaingan dalam berbagai aspek
kehidupan semakin ketat, salah satunya persaingan di dunia pendidikan
yang semakin kompetitif. Dalam menghadapi kondisi seperti ini, siswa
diharapkan dapat menemukan ide-ide yang berbeda dalam memecahkan masalah
yang dihadapi. Permasalahan yang berkaitan dengan kreativitas di
sekolah masih sering ditemui siswa yang belum berani mengemukakan
ide/gagasan atas suatu penyelesaian masalah; siswa belum berani
mengajukan pertanyaan, saat menemui kesulitan dalam belajar; siswa belum
berani mengemukakan ide/gagasan yang relatif berbeda dengan orang lain;
siswa belum berani untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang
berbeda dengan orang lain; siswa menunjukkan tidak percaya diri; siswa
tidak menghargai pendapat orang lain; siswa masih merasa takut
gagal/takut dikritik orang lain. Hal ini dimungkinkan oleh kurangnya
pemahaman siswa akan potensi kreatifnya dan kurangnya motivasi yang
diberikan guru pada aktivitas belajar yang mengarah pada pengembangan
kreativitas. Salah satu upaya untuk membantu individu agar memiliki
kreativitas belajar yang baik ialah melalui pemberian layanan bimbingan
belajar di sekolah. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan
kreativitas belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian akan
dijadikan rumusan program bimbingan belajar hipotetik untuk
mengembangkan kreativitas belajar siswa melalui layanan bimbingan di
sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas
VIII SMP PGRI 2 Kota Bandung tahun ajaran 2011-2012 memiliki kreativitas
belajar pada kategori sedang. Artinya sebagian besar siswa cukup
kreatif pada keseluruhan aspek kreativitas belajar. Program yang
dihasilkan penelitian ini masih bersifat hipotetik. Oleh sebab itu
peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mengujicobakannya sehingga
diketahui tingkat efektivitas program tersebut.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
terima kasih infonya..Ini sangat membantu pelajaran kami..
thanks for the information..
This is a great Article...
Please, visit my link to st3telkom.ac.id
Posting Komentar