Daftar Isi | s_jep_0801201_table_of_content.pdf |
Bab I | s_jep_0801201_chapter1.pdf |
Bab II | s_jep_0801201_chapter2.pdf |
Bab III | s_jep_0801201_chapter3.pdf |
Bab IV | s_jep_0801201_chapter4.pdf |
Bab V | s_jep_0801201_chapter5.pdf |
Daftar Pustaka | s_jep_0801201_bibliography.pdf |
Minggu, 28 Oktober 2012
SKRIPSI Pendidikan Bahasa Jepang: PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI DENGAN MODEL ARCS TERHADAP HASIL BELAJAR HURUF HIRAGANA SISWA SMK SMIP YPPT BANDUNG
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah dilatar belakangi
oleh kesulitan siswa dalam mempelajari huruf Jepang, khususnya huruf
hiragana. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah
kesulitan dalam mengingat huruf, kesulitan dalam membaca atau
mengucapkannya, kesulitan dalam membedakan huruf, serta kesulitan dalam
menulis huruf dengan urutan yang benar. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, maka dalam penelitian ini penulis memberikan solusi melalui
pemberian motivasi dengan model ARCS dalam pembelajaran huruf hiragana.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
pembelajaran serta pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa dan
mengetahui tanggapan siswa mengenai pemberian motivasi dengan model
ARCS terhadap hasil belajar huruf hiragana. Penelitian ini menggunakan
metode “Pre-Experimental” dengan desain eksperimen yang digunakan adalah
“One Group Pretest-Posttest Design”. Sampel atau sumber data penelitian
ini adalah siswa kelas X AP (Akomodasi Perhotelan) 1 SMK SMIP YPPT
Bandung tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan angket. Dari hasil
analisis data diketahui bahwa pemberian motivasi dengan model ARCS
terhadap hasil belajar huruf hiragana memberi pengaruh yang signifikan
kepada siswa. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya guru memberikan
motivasi terhadap siswa yang menunjukkan dengan perolehan t_hitung
sebesar 30,55 yang lebih besar dari nilai signifikansi t_tabel 2,04 pada
taraf 5% dan 2,76 pada taraf 1% pada nilai db= 29. Selain itu, dari
data angket diketahui bahwa pemberian motivasi dengan model ARCS
terhadap hasil belajar huruf hiragana ini pun mendapat tanggapan yang
positif dari para siswa karena dapat meningkatkan semangat serta minat
belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan bagi
para pengajar dapat menggunakan pemberian motivasi dengan model ARCS
dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pembelajaran bahasa Jepang.
Serta disarankan untuk menggunakan PTK (penelitian tindakan kelas) dalam
pembelajaran bahasa Jepang, karena kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan
hanya dalam satu pertemuan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar