Home

Minggu, 28 Oktober 2012

SKRIPSI Psikologi: PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 1 komentar
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkembang di era globalisasi di mana tantangan dan persaingan dalam berbagai aspek kehidupan semakin ketat, salah satunya persaingan di dunia pendidikan yang semakin kompetitif. Dalam menghadapi kondisi seperti ini, siswa diharapkan dapat menemukan ide-ide yang berbeda dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Permasalahan yang berkaitan dengan kreativitas di sekolah masih sering ditemui siswa yang belum berani mengemukakan ide/gagasan atas suatu penyelesaian masalah; siswa belum berani mengajukan pertanyaan, saat menemui kesulitan dalam belajar; siswa belum berani mengemukakan ide/gagasan yang relatif berbeda dengan orang lain; siswa belum berani untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang berbeda dengan orang lain; siswa menunjukkan tidak percaya diri; siswa tidak menghargai pendapat orang lain; siswa masih merasa takut gagal/takut dikritik orang lain. Hal ini dimungkinkan oleh kurangnya pemahaman siswa akan potensi kreatifnya dan kurangnya motivasi yang diberikan guru pada aktivitas belajar yang mengarah pada pengembangan kreativitas. Salah satu upaya untuk membantu individu agar memiliki kreativitas belajar yang baik ialah melalui pemberian layanan bimbingan belajar di sekolah. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan kreativitas belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian akan dijadikan rumusan program bimbingan belajar hipotetik untuk mengembangkan kreativitas belajar siswa melalui layanan bimbingan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Kota Bandung tahun ajaran 2011-2012 memiliki kreativitas belajar pada kategori sedang. Artinya sebagian besar siswa cukup kreatif pada keseluruhan aspek kreativitas belajar. Program yang dihasilkan penelitian ini masih bersifat hipotetik. Oleh sebab itu peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mengujicobakannya sehingga diketahui tingkat efektivitas program tersebut.


Daftar Isi s_pbb_054803_table_of_content.pdf
Bab I s_pbb_054803_chapter1.pdf
Bab II s_pbb_054803_chapter3.pdf
Bab III s_pbb_054803_chapter3.pdf
Bab IV s_pbb_054803_chapter4.pdf
Bab V s_pbb_054803_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pbb_054803_bibliography.pdf













































          

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

1 komentar:

trioadhitya mengatakan...

terima kasih infonya..Ini sangat membantu pelajaran kami..
thanks for the information..
This is a great Article...
Please, visit my link to st3telkom.ac.id

Posting Komentar