Home

Selasa, 06 Maret 2012

Materi dan Modul Perawatan dan Perbaikan Motor Listrik

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Macam-macam perbaikan motor listrik

1. Tujuan Perawatan dan Perbaikan Motor Listrik

Adalah agar peralatan mencapai umur maksimum daripada mengganti dengan yang baru.

2. Macam-macam Perbaikan Motor Listrik

a.Perbaikan darurat (Perbaikan tak terencana) adalah perbaikan yang harus segera dilaksanakan untuk mencegah akibat yang lebih berat dan parah atau kerusakan yang bisa mengakibatkan kecelakaan pada pemakai dan memyebabkan kerusakan lebih besar pada peralatan.

b.Perbaikan berdasarkan permintaan adalah perbaikan yang dilakukan terhadap peralatan yang tidak bekerja dengan normal. Peralatan tersebut biasanya masih bisa digunakan, tetapi tidak dapat dioperasikan. Usaha perbaikan yang dilakukan akan meningkatkan kembali daya guna peralatan.

c.Trouble Shooting (Breakdown) : Prinsipnya hampir sama dengan perbaikan berdasarkan permintaan, yaitu kerusakan terjadi tanpa terduga. Trouble shooting juga bertujuanuntuk meningkatkan daya guna peralatan, yang berbeda adalah waktu perbaikan. Kalau perbaikan berdasarkan permintaan adalah perbaikan yang hanya akan dilaksanakan setelah ada permintaan untuk itu, sedangkan trouble shooting adalah perbaikan yang tidak boleh ditunda dan segera dilakukan pada saat terjadinya breakdown (kerusakan). dengan kata lain trouble shooting itu adalah perbaikan darurat.

d.Penggantian Sebagian : Dilakukan apabila sukucadang yang rusak tidak dapat diperbaiki lagi sehingga bagian tersebut harus diganti dengan yang baru, atau bila biaya perbaikan lebih tinggi daripada biaya penggantian. Atau penggantian sukucadang yang dilakukan secara berkala, misalnya penggantian oli mesin, penggantian bearing, penggantian terminal dan lain-lain.

e.Penghapusan adalah memindahkan peralatan yang rusak dari tempat kerja. Penghapusan dilakukan melalui pertimbangan matang, dan setelah segala usaha-usaha perawatan tidak mungkin lagi dapat memperbaiki peralatan tersebut, atau bila peralatan tersebut telah mencapai batas usia pakainya.

Untuk lebih lengkapnya bisa download di bawah ini!

----> MATERI MOTOR LISTRIK
----> MODUL PERBAIKAN MOTOR LISTRIK

Materi yang bisa Anda baca di blog ini:


----> Tentang Motor listrik
----> MENGGULUNG MOTOR LISTRIK 1 FASA
---->
MENGGULUNG MOTOR LISTRIK 3 FASA

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar