Daftar Isi | s_fis_053843_table_of_content.pdf |
Bab I | s_pem_0707827_chapter1(2).pdf |
Bab II | s_fis_053843_chapter2.pdf |
Bab III | s_fis_053843_chapter3.pdf |
Bab IV | s_fis_053843_chapter4.pdf |
Bab V | s_fis_053843_chapter5.pdf |
Daftar Pustaka | s_fis_053843_bibliography.pdf |
Minggu, 28 Oktober 2012
SKRIPSI PENDIDIKAN FISIKA: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RANAH KOGNITIF
Penelitian ini didasari oleh masih rendahnya hasil belajar siswa salah
satu SMA Swasta di kota Bandung. Dari hasil observasi awal yang telah
dilakukan di kelas X pada salah satu SMA Swasta di kota Bandung
diperoleh data mengenai nilai rata-rata ulangan pelajaran fisika untuk
materi besaran, satuan dan pengukuran yaitu 52,95. Nilai rata-rata
tersebut belum memenuhi standar KKM yang telah ditentukan yaitu 70.
Kurangnya pemahaman serta ketertarikan siswa dikarenakan siswa kurang
diberi kesempatan untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada
ranah kognitif dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan model
Pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode quasi eksperiment, yaitu penelitian yang
dilaksanakan pada satu kelompok siswa (kelompok eksperimen) tanpa ada
kelompok pembanding (kelompok kontrol). Desain yang digunakan adalah one
group pre test post test design dengan sampel siswa SMA kelas X di
salah satu SMA di kota Bandung. Dari hasil penelitian, hasil belajar
siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil
pretest dan postest. Hasil pretest rata-rata hanya mencapai nilai 44,36,
sedangkan hasil postestnya mencapai 69,81. Dengan hasil ini disimpulkan
bahwa hasil belajar siswa pada ranah kognitif melalui penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan. Kata Kunci:
Kooperatif Learning Tipe STAD - Hasil Belajar - Ranah Kognitif.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar