Daftar Isi | s_ind_0801157_table_of_content.pdf |
Bab I | s_ind_0801157_chapter1.pdf |
Bab II | s_ind_0801157_chapter2.pdf |
Bab III | s_ind_0801157_chapter3.pdf |
Bab IV | s_ind_0801157_chapter4.pdf |
Bab V | s_ind_0801157_chapter4.pdf |
Daftar Pustaka | s_ind_0801157_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERPIDATO
Penelitian yang berjudulPenggunaan Model Pembelajaran ARIAS
sebagaiUpayaMeningkatkanKemampuan Siswa
dalamPembelajaranBerpidatodilakukankarenakurangnyakeberanian yang
dimilikisiswadalamberpidato, kurangnyapenguasaanmateri, rasa malu,
takut, sertatidakpercayadiri. Metode yang
digunakandalampenelitianiniadalah PTK.Subjekpenelitianadalahsiswakelas
X-4 yang berjumlah 36 orang.Data
diperolehdenganmenggunakaninstrumenteskemampuansiswa,
lembarobservasiaktivitassiswadan guru, jurnalsiswa, dancatatanlapangan.
Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahperencanaan,
pelaksanaan,danhasilkegiatanpembelajaransiswakelas X-4 SMKN 7 Bandung
dalampembelajaranberbicaradenganmenggunakan model ARIAS.
Berdasarkanrumusanmasalahtersebut,
penelitianinidilakukanuntukmengetahuiperencanaan,
pelaksanaan,danhasilkegiatanbelajarmengajardenganmenggunakan model ARIAS
dalammeningkatkanketerampilanberbicara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaan
modelARIASdapatmeningkatkankemampuanberbicarasiswa.Penelitianinidilakukandalamduasikluskarenakemampuanberbicarasiswamengalamaipeningkatan
yangcukupsignifikanpadapembelajaransiklusII.Peningkatantersebutdapatdilihatdariskorsiswamulaisiklus
I dansiklus II.Adapun rata-rata nilaisiswasiklus I adalah 75 dansiklus
II mengalamipeningkatan 10menjadi 85.Aktivitas guru padasiklus I
memperolehskor 2,3dari observer. Padasiklus II penelitimemperoleh
2,8dari observer. Berdasarkanaktivitassiswa, padasiklus I yang
aktifdantergolongbaiksebanyak 56 % dan yang
berprilakutidakmendukungkelancaranpembelajaranada 11,1 % . Padasiklus II
siswa yang aktifdantergolongbaiksebanyak 74 %.Siswa yang
berprilakunegatifdantidakmendukungkelancaranpembelajaranada 4,2 %.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar