Daftar Isi | s_ind_0807249_table_of_content.pdf |
Bab I | s_ind_0807249_chapter1.pdf |
Bab II | s_ind_0807249_chapter2.pdf |
Bab III | s_ind_0807249_chapter3.pdf |
Bab IV | s_ind_0807249_chapter4.pdf |
Bab V | s_ind_0807249_chapter5.pdf |
Daftar Pustaka | s_ind_0807249_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
PENGGUNAAN MEDIA TAYANGAN ANIMASI PASIR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF
Skripsi ini berjudul “Penggunaan Media Tayangan Animasi Pasir dalam
Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Sugestif (Penelitian Eksperimen
Semu Pada Siswa Kelas X SMK Bina Warga Bandung Tahun Ajaran 2011/2012).
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan: 1) Apakah
media tayangan animasi pasir efektif digunakan dalam pembelajaran
menulis karangan narasi sugestif pada siswa kelas X SMK Bina Warga
Bandung; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi
sugestif dengan menggunakan media tayangan animasi pasir di kelas X SMK
Bina Warga Bandung; 3) Bagaimana hasil pembelajaran menulis karangan
narasi sugestif dengan menggunakan media tayangan animasi pasir pada
siswa kelas X SMK Bina Warga Bandung. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data penelitian ini berupa tes menulis karangan narasi
sugestif. Sampel yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X AP 1 dengan 32 jumlah objek yang terdaftar dalam penelitian.
Penggunaan media tayangan animasi pasir dalam pembelajaran menulis
karangan narasi sugestif di kelas cukup efektif. Hal itu dapat dilihat
dari hasil penelitian yang menunjukan rata-rata nilai prates kemampuan
menulis karangan narasi sugestif siswa sebesar 51,8 dan nilai pascates
66,6. Kemudian penulis melakukan uji signifikansi nilai prates dan
pascates dengan melakukan uji hipotestis. Hasil yang didapat yaitu
thitung sebesar 10,26 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% atau
tingkat kepercayaan 95% sebesar 1,67. Hal tersebut berarti bahwa (10,26
> 1,67) atau thitung > ttabel, dengan begitu perbedaan antara
nilai prates dan pascates terbukti signifikan. Simpulan penelitian ini
adalah kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa terbukti
signifikan setelah diberi perlakuan berupa media tayangan animasi pasir.
Namun, penggunaan media ini tidak bisa dilakukan dimana saja dan
memerlukan sarana dan prasarana yang memadai di dalam kelas.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar