Home

Senin, 22 Oktober 2012

PENGGUNAAN MEDIA TAYANGAN ANIMASI PASIR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Skripsi ini berjudul “Penggunaan Media Tayangan Animasi  Pasir dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Sugestif (Penelitian Eksperimen Semu Pada Siswa Kelas X SMK Bina Warga Bandung Tahun Ajaran 2011/2012). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan: 1) Apakah media tayangan animasi pasir efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi sugestif pada siswa kelas X SMK Bina Warga Bandung; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan media tayangan animasi pasir di kelas X SMK Bina Warga Bandung; 3) Bagaimana hasil pembelajaran menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan media tayangan animasi pasir pada siswa kelas X SMK Bina Warga Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini berupa tes menulis karangan narasi sugestif. Sampel yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 dengan 32 jumlah objek yang terdaftar dalam penelitian. Penggunaan media tayangan animasi pasir  dalam pembelajaran menulis karangan narasi sugestif di kelas cukup efektif. Hal itu dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan rata-rata nilai prates kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa sebesar 51,8 dan nilai pascates 66,6. Kemudian penulis melakukan uji signifikansi nilai prates dan pascates dengan melakukan uji hipotestis. Hasil yang didapat yaitu thitung  sebesar 10,26 dan ttabel  dengan taraf signifikan 5% atau tingkat kepercayaan 95% sebesar 1,67. Hal tersebut berarti bahwa (10,26 > 1,67) atau thitung > ttabel, dengan begitu perbedaan antara nilai prates dan pascates terbukti signifikan. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa terbukti signifikan setelah diberi perlakuan berupa media tayangan animasi pasir. Namun, penggunaan media ini tidak bisa dilakukan dimana saja dan memerlukan sarana dan prasarana yang memadai di dalam kelas.

Daftar Isi s_ind_0807249_table_of_content.pdf
Bab I s_ind_0807249_chapter1.pdf
Bab II s_ind_0807249_chapter2.pdf
Bab III s_ind_0807249_chapter3.pdf
Bab IV s_ind_0807249_chapter4.pdf
Bab V s_ind_0807249_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_ind_0807249_bibliography.pdf

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar