Home

Senin, 22 Oktober 2012

PENGARUH MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENJAS TERHADAP PENGUASAAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Lompat jauh ialah rangkaian gerak dari mulai awalan, tolakan, melayang sampai mendarat dengan tujuan melakukan lompatan sejauh-jauhnya. Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan di Sekolah Dasar khususnya SDN Sukapura 1 Bandung masih banyak anak yang belum paham tentang lompat jauh baik dari segi pemahaman maupun aplikasi dilapangan itu semua diakibatkan pembelajaran penjas di sekolah dasar masih berfokus pada pembelajaran olahraga sehingga proses pembelajaran berlangsung lebih membosankan dan penyampaian materi pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi media pembelajaran penjas terhadap penguasaan gerak dasar lompat jauh.Penelitian ini menggunakan metode penelitan eksperimen dalam memberikan materi ajar atletik khususnya lompat jauh melalui modifikasi media pembelajaran penjas. Metode penelitian eksperimen ini menggunakan pretes and postes control group desain, dimana populasi dan sampel yang digunakan ialah siswa kelas 5 SDN Sukapura 1 bandung sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol. Dari hasil Pengolahan data diperoleh t-hitung sebesar 0,663 yang bila diuji dengan t-tabel sebesar 0,518 maka t-hitung berada diluar daerah penerimaan t-tabel yang berarti ada pengaruh yang signifikan modifikasi media pembelajaran penjas terhadap penguasaan gerak dasar lompar jauh.

Daftar Isi s_sdpj_0702719_table_of_content.pdf
Bab I s_sdpj_0702719_chapter1.pdf
Bab II s_sdpj_0702719_chapter2.pdf
Bab III s_sdpj_0702719_chapter3.pdf
Bab IV s_sdpj_0702719_chapter4.pdf
Bab V s_sdpj_0702719_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_sdpj_0702719_bibliography.pdf

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar