Home

Senin, 22 Oktober 2012

PARTISIPASI DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) AL-FURQON

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Miming Suryati, Partisipasi dan Persepsi Masyarakat Terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Furqon Di Desa Karang Tanjung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakatnya mulai berubah dari masyarakat organik ke masyarakat mekanik. Hal ini ditandai dengan keterlibatan masyarakat yang relatif rendah terhadap PAUD tersebut. Masalah ini ditandai dengan kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya pendidikan anak usia dini dan kurang memahami mengenai kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan karaktristik anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui gambaran persepsi masyarakat terhadap program PAUD Al-Furqon berdasarkan tingkat pendidikan di Desa Karang Tanjung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat, dan 2) mengetahui gambaran partisipasi masyarakat terhadap program PAUD Al-Furqon dilihat dari tingkat pendidikan masyarakat di Desa Karang Tanjung Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini didasarkan atas kerangka teori mengenai konsep persepsi, konsep partisipasi masyarakat, konsep pendidikan anak usia dini (PAUD), dan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengembangan program pendidikan anak usia dini (PAUD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui penyebaran angket dan cara pengolahannya dengan perhitungan persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berada di wilayah RT. 02/RW. 06 Desa Karang Tanjung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat sebanyak 150 kepala keluarga. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari jumlah populasi yaitu 30 orang. Berdasarkan pengolahan dan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) gambaran persepsi masyarakat terhadap program PAUD Al-Furqon berdasarkan tingkat pendidikan dilihat dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. 2) gambaran partisipasi masyarakat terhadap program PAUD Al-Furqon berdasarkan tingkat pendidikan dilihat dari aspek tingkatan saling mengerti,  aspek tingkatan penasehatan atau sugesti, dan aspek tingkatan otoritas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan adalah sebesar 45,5%. Hal ini berarti bahwa kurang dari setengahnya responden memiliki persepsi yang cukup baik terhadap program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Furqon. Partisipasi masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan adalah sebesar 54,5%. Hal ini berarti bahwa lebih dari setengahnya responden memiliki partisipasi yang cukup baik terhadap program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Furqon.

Daftar Isi s_pls_0709317_table_of_content.pdf
Bab I s_pls_0709317_chapter1.pdf
Bab II s_pls_0709317_chapter2.pdf
Bab III s_pls_0709317_chapter3.pdf
Bab IV s_pls_0709317_chapter4.pdf
Bab V s_pls_0709317_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pls_0709317_bibliography.pdf

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar