Home

Senin, 22 Oktober 2012

PENGARUH PERMAINAN TEKA TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) DALAM PENGINGKATKAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP KOSAKATA BAHASA ARAB

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Penguasaan kosakata merupakan hal yang esensial serta merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu faktor pendukung untuk memperoleh kemahiran berbahasa. Peneliti menemukan di lapangan bahwa tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab siswa masih rendah. Penggunaan media permainan teka-teki silang (Crossword Puzzle) diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat membantu siswa dalam menghafal dan memaknai kosakata bahasa Arab yang mereka pelajari. Karena pembelajaran kosakata dengan menggunakan permainan akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Dengan populasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Bogor, dan sampel siswa kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 3 berjumlah 26 murid dan kelas kontrol XI IPA 5 yang berjumlah 30 murid. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pretest dan  posttest. Penelitian dilakukan dengen terlebih dahulu memberikan pretest guna mengetahui keadaan awal di kedua kelas tersebut, kemudian pemberian perlakuan berupa metode permainan teka-teki silang atau Crossword Puzzle pada kelas eksperimen dan pelaksanaan posttest untuk mengetahui keadaan akhir kedua kelas tersebut setelah memperoleh materi sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Setelah dilakukan pengujian pretes pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,0 dan untuk kelas kontrol sebesar 56,7, kemudian setelah dilakukan tes akhir  nilai rata-rata posttest  kelas eksperimen meningkat menjadi 83 dan kelas kontrol 59,5. Rata-rata peningkatan (gain) yang diperoleh dari kelas eksperimen sebesar 0,56. Hasil uji t pada saat posttest menunjukan nilai thitung = 8,37. Apabila nilai thitung dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan derajat kebebasan/dk = 60, maka didapat thitung > ttabel 1,671. Keputusan yang diambil yaitu Ha diterima artinya terdapat perubahan yang signifikan dari penggunaan permainan teka-teki silang (Crossword Puzzle) dalam pembelajaran Kosakata di kelas eksperimen. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi peneliti maupun bagi para pembaca, dan dapat menjadi salah satu alternatif terutama pada instansi pendidikan bagi variasi dalam pengajaran kosakata berbahasa Arab.

Daftar Isi s_arb_0807362_table_of_content.pdf
Bab I s_arb_0807362_chapter1.pdf
Bab II s_arb_0807362_chapter2.pdf
Bab III s_arb_0807362_chapter3.pdf
Bab IV s_arb_0807362_chapter4.pdf
Bab V s_arb_0807362_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_arb_0807362_bibliography.pdf

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar