Daftar Isi | s_arb_0807362_table_of_content.pdf |
Bab I | s_arb_0807362_chapter1.pdf |
Bab II | s_arb_0807362_chapter2.pdf |
Bab III | s_arb_0807362_chapter3.pdf |
Bab IV | s_arb_0807362_chapter4.pdf |
Bab V | s_arb_0807362_chapter5.pdf |
Daftar Pustaka | s_arb_0807362_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
PENGARUH PERMAINAN TEKA TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) DALAM PENGINGKATKAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP KOSAKATA BAHASA ARAB
Penguasaan kosakata merupakan hal yang esensial serta merupakan bagian
yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Penguasaan
kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu faktor
pendukung untuk memperoleh kemahiran berbahasa. Peneliti menemukan di
lapangan bahwa tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab siswa masih
rendah. Penggunaan media permainan teka-teki silang (Crossword Puzzle)
diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat membantu
siswa dalam menghafal dan memaknai kosakata bahasa Arab yang mereka
pelajari. Karena pembelajaran kosakata dengan menggunakan permainan akan
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Metode yang dipakai
dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan pendekatan
kuantitatif dan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Dengan
populasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Bogor, dan sampel siswa
kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 3 berjumlah 26 murid dan kelas
kontrol XI IPA 5 yang berjumlah 30 murid. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
pretest dan posttest. Penelitian dilakukan dengen terlebih dahulu
memberikan pretest guna mengetahui keadaan awal di kedua kelas tersebut,
kemudian pemberian perlakuan berupa metode permainan teka-teki silang
atau Crossword Puzzle pada kelas eksperimen dan pelaksanaan posttest
untuk mengetahui keadaan akhir kedua kelas tersebut setelah memperoleh
materi sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Setelah
dilakukan pengujian pretes pada kelas eksperimen diperoleh nilai
rata-rata sebesar 58,0 dan untuk kelas kontrol sebesar 56,7, kemudian
setelah dilakukan tes akhir nilai rata-rata posttest kelas eksperimen
meningkat menjadi 83 dan kelas kontrol 59,5. Rata-rata peningkatan
(gain) yang diperoleh dari kelas eksperimen sebesar 0,56. Hasil uji t
pada saat posttest menunjukan nilai thitung = 8,37. Apabila nilai
thitung dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan
derajat kebebasan/dk = 60, maka didapat thitung > ttabel 1,671.
Keputusan yang diambil yaitu Ha diterima artinya terdapat perubahan yang
signifikan dari penggunaan permainan teka-teki silang (Crossword
Puzzle) dalam pembelajaran Kosakata di kelas eksperimen. Semoga
penelitian ini dapat bermanfaat bagi peneliti maupun bagi para pembaca,
dan dapat menjadi salah satu alternatif terutama pada instansi
pendidikan bagi variasi dalam pengajaran kosakata berbahasa Arab.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar