Home

Senin, 22 Oktober 2012

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Pendidikan sebagai tempat yang penting dalam pembangunan nasional hendaknya dapat mencetak siswa yang memiliki kapabilitas sebagai manusia dengan kriteria mampu memecahkan masalah. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai salah satu mata pelajaran sentral dalam Sistem Pendidikan Nasional justru menemui banyak masalah. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning diharapkan menjadi salah satu alternative permasalahan dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran PKn. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metodenya adalah penelitian tindakan kelas dan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan litelatur. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Bandung, dengan guru PKn dan siswa siswi Kelas XI IPA 6 sebagai subjek penelitan. Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah (a) langkah-langkah yang dilakukan guru untuk mempersiapkan pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning yaitu penyusunan silabus, dan RPP (b) Implikasi model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran PKn adalah model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa (c) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning antara lain guru yang terlalu kaku dalam hubungannya dengan siswa sehingga suasana kelas yang “menyenangkan” sulit untuk di bangun (d) Upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PKn adalah guru berusahan untuk menjadi fasilitator pembelajaran dengan membangun suasana yang kondusif. Guru berusaha memahami dan mendalami langkah-langkah dalam model pembelajaran problem based learning, memberikan stimulus pada siswa agar lebih berfikir kritis kreatif dalam mengkaji, menanggapi dan mencari solusi dalam permasalahan yang disajikan sehingga kemampuan pemecahan masalahnya semakin terasah. Kreatifitas guru pula menjadi salah satu kunci penting dalam hal pemberian motivasi kepada siswa agar siswa tak ragu ragu dalam menyampaikan ide dan pemikirannya dalam menyelesaikan masalah.

Daftar Isi s_pkn_0601965_table_of_content.pdf
Bab I s_pkn_0601965_chapter1.pdf
Bab II s_pkn_0601965_chapter2.pdf
Bab III s_pkn_0601965_chapter3.pdf
Bab IV s_pkn_0601965_chapter4.pdf
Bab V s_pkn_0601965_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pkn_0601965_bibliography.pdf

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar