Home

Senin, 22 Oktober 2012

EFEKTIVITAS PERMAINAN PAS IQ-SET SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Proses belajar mengajar kadang kala membosankan apabila materi yang disampaikan kurang menarik atau kompleks. Terutama dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang membutuhkan media  yang tepat untuk memahamimya. Melihat hal itu, maka diperlukan media pembelajaran yang dapat memecahkan permasalahan siswa untuk  tetap fokus terhadap materi pelajaran yang disampaikan.  Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Eksperimen dilaksanakan SMA Pasundan 2 bandung kelas XI tahun ajaran 2011/2012. Sampel terdiri atas 40 orang siswa kelas XI IPA 4 SMA Pasundan 2 Bandung yang dibagi menjadi dua kelompok. Sampel pertama terdiri dari 20 orang kelompok eksperimen dan sampel kedua terdiri dari 20 orang kelompok kontrol. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen tes dan angket. Tes dilakukan dua kali, yaitu pre-test (tes awal) yang dilakukan sebelum dilaksanakannya perlakuan (treatment) media PAS IQ-Set dan post-test (tes akhir) dilakukan untuk mengukur hasil dari pembelajaran setelah dilakukan perlakuan (treatment) media PAS IQ-Set. Berdasarkan analisis setelah melakukan post-test, hasil percobaan menunjukkan rata-rata kelas eksperimen adalah 84,dan kelas kontrol adalah 75. Maka, diperoleh t hitung sebesar 4,59 sedangkan t tabel dengan derajat kebebasan (db) yaitu 38 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,021 dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,704. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hk diterima karena t hitung > t tabel (4,59> 2,704). Berdasarkan efektivitas kriteria pembelajaran, pembelajaran kosakata bahasa Jepang dengan menggunaan media permainan "PAS IQ-SET" adalah efektif (terdapat perbedaan yang signifikan). Berdasarkan analisis terhadap penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan instrument non tes atau angket, respon siswa terhadap pembeajaran kosakata menggunakan media PAS IQ-Set tergolong baik. Sebagian besar siswa setuju bahwa metode tersebut dapat mengefektifkan waktu belajar, lebih cepat memahami kosakata, dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena tidak monoton.

Daftar Isi s_jep_0807392_table_of_content.pdf
Bab I s_jep_0807392_chapter1.pdf
Bab II s_jep_0807392_chapter2.pdf
Bab III s_jep_0807392_chapter3.pdf
Bab IV s_jep_0807392_chapter4.pdf
Bab V s_jep_0807392_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_jep_0807392_bibliography.pdf

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar