Daftar Isi | s_jep_0807392_table_of_content.pdf |
Bab I | s_jep_0807392_chapter1.pdf |
Bab II | s_jep_0807392_chapter2.pdf |
Bab III | s_jep_0807392_chapter3.pdf |
Bab IV | s_jep_0807392_chapter4.pdf |
Bab V | s_jep_0807392_chapter5.pdf |
Daftar Pustaka | s_jep_0807392_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
EFEKTIVITAS PERMAINAN PAS IQ-SET SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
Proses belajar mengajar kadang kala membosankan apabila materi yang
disampaikan kurang menarik atau kompleks. Terutama dalam pembelajaran
kosakata bahasa Jepang membutuhkan media yang tepat untuk memahamimya.
Melihat hal itu, maka diperlukan media pembelajaran yang dapat
memecahkan permasalahan siswa untuk tetap fokus terhadap materi
pelajaran yang disampaikan. Metode dalam penelitian ini adalah metode
eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest
control group design. Eksperimen dilaksanakan SMA Pasundan 2 bandung
kelas XI tahun ajaran 2011/2012. Sampel terdiri atas 40 orang siswa
kelas XI IPA 4 SMA Pasundan 2 Bandung yang dibagi menjadi dua kelompok.
Sampel pertama terdiri dari 20 orang kelompok eksperimen dan sampel
kedua terdiri dari 20 orang kelompok kontrol. Untuk memperoleh data,
peneliti menggunakan instrumen tes dan angket. Tes dilakukan dua kali,
yaitu pre-test (tes awal) yang dilakukan sebelum dilaksanakannya
perlakuan (treatment) media PAS IQ-Set dan post-test (tes akhir)
dilakukan untuk mengukur hasil dari pembelajaran setelah dilakukan
perlakuan (treatment) media PAS IQ-Set. Berdasarkan analisis setelah
melakukan post-test, hasil percobaan menunjukkan rata-rata kelas
eksperimen adalah 84,dan kelas kontrol adalah 75. Maka, diperoleh t
hitung sebesar 4,59 sedangkan t tabel dengan derajat kebebasan (db)
yaitu 38 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,021 dan pada taraf
signifikansi 1% sebesar 2,704. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Hk diterima karena t hitung > t tabel (4,59> 2,704). Berdasarkan
efektivitas kriteria pembelajaran, pembelajaran kosakata bahasa Jepang
dengan menggunaan media permainan "PAS IQ-SET" adalah efektif (terdapat
perbedaan yang signifikan). Berdasarkan analisis terhadap penelitian
yang telah dilakukan dengan menggunakan instrument non tes atau angket,
respon siswa terhadap pembeajaran kosakata menggunakan media PAS IQ-Set
tergolong baik. Sebagian besar siswa setuju bahwa metode tersebut dapat
mengefektifkan waktu belajar, lebih cepat memahami kosakata, dan
pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena tidak monoton.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar