Daftar Isi | s_pkn_0800940_table_of_content.pdf |
Bab I | s_pkn_0800940_chapter1.pdf |
Bab II | s_pkn_0800940_chapter2.pdf |
Bab III | s_pkn_0800940_chapter3.pdf |
Bab IV | s_pkn_0800940_chapter4.pdf |
Bab V | s_pkn_0800940_chapter5.pdf |
Daftar Pustaka | s_pkn_0800940_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
PENERAPAN MEDIA CD INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru dalam proses belajar
mengajar seringkali menggunakan metode ceramah, tanpa menggunakan media
pembelajaran dan tidak melakukan variasi pemilihan metode. Konsekuensi
dari hal ini terhadap siswa adalah munculnya kebosanan dan kejenuhan
serta tidak terasahnya kecerdasan emosional siswa, yang berimbas pada
kekurangaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Hal ini menuntut
dilakukannya perbaikan dari segi penggunaan media dan pemilihan metode
pembelajaran yang tepat dan bervariasi. Oleh karena itu peneliti
menerapkan media CD Interaktif dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan
kecerdasan emosional siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui bagaimana penerapan media CD Interaktif dalam pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa
kelas VII E SMP Al Qona’ah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas (classroom
action research), karena penelitian tindakan kelas berguna untuk
meningkatkan dan/atau memperbaiki layanan pendidikan dalam konteks
pembelajaran dikelas. Juga membantu penulis dalam memperoleh informasi
yang lebih mendalam dengan melakukan tindakan yang sesuai dengan masalah
yang ada. Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah (1) Bahwa
penerapan media CD Interaktif dapat meningkatkan kecerdasan emosional
siswa. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan di lapangan terhadap
aktivitas guru, aktivitas siswa, dan angket siswa dari mulai siklus ke
I, II, dan siklus ke III menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik.
Guru telah mampu menerapkan media CD Interaktif dalam pembelajaran PKn.
(2) terjadi perubahan kecerdasan emosional siswa setelah penerapan
media CD Interaktif, hal ini dilihat dari angket respon siswa selama 3
siklus dan pengamatan langsung terhadap siswa pada saat melakukan proses
pembelajaran dan simulasi. Siswa bisa lebih bersimpati terhadap
lingkungan sekitarnya dan siswa pun menjadi lebih berani dan percaya
diri dalam mengemukakan pendapatnya. Kesimpulan hasil penelitian
menyatakan bahwa Penggunaan media CD Interaktif dalam pembelajaran PKn
menjadikan pembelajaran lebih menarik dan siswa dituntut untuk
mendengarkan, memahami, menuliskan topik konsep dan mampu mensimulasikan
pembelajaran secara berkelompok. Siswa dapat lebih memahami konsep
sehingga siswa dapat mengemukakan pendapat dengan hati yang lebih
tenang, lebih percaya diri dalam mengungkapkan topik konsep materinya,
dan mengelola perasaan ketika pembelajaran. Dengan demikian siswa
memiliki kecerdasan emosional dalam pembelajaran PKn.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar