Daftar Isi | s_pls_0709031_table_of_content.pdf |
Bab I | s_pls_0709031_chapter1.pdf |
Bab II | s_pls_0709031_chapter2.pdf |
Bab III | s_pls_0709031_chapter3.pdf |
Bab IV | s_pls_0709031_chapter4.pdf |
Bab V | s_pls_0709031_chapter5.pdf |
Daftar Pustaka | s_pls_0709031_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
EFEKTIVITAS KEGIATAN PARENTING DALAM MENINGKATKAN POLA ASUH ORANG TUA DI PAUD SARTIKA
Efektivitas Kegiatan Parenting Dalam Meningkatkan Pola Asuh Orang Tua di
PAUD Sartika. Latar belakang dari penelitian ini adalah pengelola
merasa harus memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam
mendidik anak, dan lebih jauhnya lagi orang tua dapat mengetahui
pentingnya pendidikan sedini mungkin dan peran keluarga sangat penting
dalam perkembangan dan pendidikan anak dimana peran pendidik hanya yang
diberikan mandat atas tanggungjawab orang tua dalam mengembangkan
perkembangan dan pendidikan anak, serta untuk mensinergikan antara orang
tua dengan pendidik dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh
anak. Peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan
masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan
Parenting di PAUD Sartika? 2) Bagaimana pola asuh orang tua dilingkungan
keluarga? 3)Bagaimana efektivitas kegiatan parenting dalam meningkatkan
pola asuh orang tua? Landasan teori dalam penelitian ini mencakup:1)
Pendidikan Anak Usia Dini sebagai Sub sistem Pendidikan Luar Sekolah, 2)
Konsep Efektivitas, 3) Konsep Kegiatan Parenting, 4) Konsep
Keluarga dan 5) Konsep Pola Asuh. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui penyebaran
angket dan cara pengolahannya dengan perhitungan persentase. Populasi
dalam penelitian ini adalah orangtua WB di PAUD Sartika yakni 83 orang
dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini orang tua warga belajar
yang mengikuti kegiatan Parenting di PAUD Sartika yakni 30 orang.
Berdasarkan pengolahan dan analisis data diperoleh hasil penelitian
sebagai berikut:1) Sebagian besar orang tua berpartisipasi aktif secara
langsung pada setiap tahapan program parenting mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Pola asuh orang tua setelah
mengikuti kegiatan parenting yang menonjol adalah lebih dari setengah
orang tua mendorong anak untuk mandiri, sebagian besar orang tua
memenuhi kebutuhan fisik anak, lebih dari setengah orang tua memenuhi
kebutuhan emosi anak, seluruh orang tua memberikan kasih sayang dengan
sepenuh hati dan seluruh orang tua memberikan perlindungan dan rasa aman
terhadap anak. 3) Pada umumnya anak mengalami perubahan setelah orang
tua mengikuti program parenting, perubahan tersebut adalah sebagian
besar anak mengalami perubahan motorik halus dan kasar, kecerdasan
emosi, daya cipta, daya pikir, bahasa dan komunikasi anak. Dari
seluruh rangkaian penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan parenting
pada PAUD Sartika berdasarkan pada tahap partisipasi, sehingga untuk
menentukan terwujudnya pola asuh pada pengambilan tanggung jawab
hendaknya pengelola memaksimalkan tujuan yang hendak dicapai dan
melakukan bimbingan terprogram terhadap orang tua.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar