Home

Senin, 22 Oktober 2012

EFEKTIVITAS KEGIATAN PARENTING DALAM MENINGKATKAN POLA ASUH ORANG TUA DI PAUD SARTIKA

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Efektivitas Kegiatan Parenting Dalam Meningkatkan Pola Asuh Orang Tua di PAUD Sartika. Latar belakang dari penelitian ini adalah pengelola merasa harus memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam mendidik anak, dan lebih jauhnya lagi orang tua dapat mengetahui pentingnya pendidikan sedini mungkin dan peran keluarga sangat penting dalam perkembangan dan pendidikan anak dimana peran pendidik hanya yang diberikan mandat atas tanggungjawab orang tua dalam mengembangkan perkembangan dan pendidikan anak, serta untuk mensinergikan antara orang tua dengan pendidik dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak. Peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan Parenting di PAUD Sartika? 2) Bagaimana pola asuh orang tua dilingkungan keluarga? 3)Bagaimana efektivitas kegiatan parenting dalam meningkatkan pola asuh orang tua?  Landasan teori dalam penelitian ini mencakup:1) Pendidikan Anak Usia Dini sebagai Sub sistem Pendidikan Luar Sekolah, 2) Konsep Efektivitas,            3) Konsep Kegiatan Parenting, 4) Konsep Keluarga dan 5) Konsep Pola Asuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui penyebaran angket dan cara pengolahannya dengan perhitungan persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua WB di PAUD Sartika yakni 83 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini orang tua warga belajar yang mengikuti kegiatan Parenting di PAUD Sartika yakni 30 orang. Berdasarkan pengolahan dan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:1) Sebagian besar orang tua berpartisipasi aktif secara langsung pada setiap tahapan program parenting mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Pola asuh orang tua setelah mengikuti kegiatan parenting yang menonjol adalah lebih dari setengah orang tua mendorong anak untuk mandiri, sebagian besar orang tua memenuhi kebutuhan fisik anak, lebih dari setengah orang tua memenuhi kebutuhan emosi anak, seluruh orang tua memberikan kasih sayang dengan sepenuh hati dan seluruh orang tua memberikan perlindungan dan rasa aman terhadap anak. 3) Pada umumnya anak mengalami perubahan setelah orang tua mengikuti program parenting, perubahan tersebut adalah sebagian besar anak mengalami perubahan motorik halus dan kasar, kecerdasan emosi, daya cipta, daya pikir, bahasa  dan komunikasi anak.  Dari seluruh rangkaian penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan parenting pada PAUD Sartika berdasarkan pada tahap partisipasi, sehingga untuk  menentukan terwujudnya pola asuh pada pengambilan tanggung jawab hendaknya pengelola memaksimalkan tujuan yang hendak dicapai dan melakukan bimbingan terprogram terhadap orang tua.

Daftar Isi s_pls_0709031_table_of_content.pdf
Bab I s_pls_0709031_chapter1.pdf
Bab II s_pls_0709031_chapter2.pdf
Bab III s_pls_0709031_chapter3.pdf
Bab IV s_pls_0709031_chapter4.pdf
Bab V s_pls_0709031_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pls_0709031_bibliography.pdf

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar