Penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Pembelajaran
Menulis Iklan Dengan Menggunakan Media Facebook (Penelitian Tindakan
Kelas terhadap Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Bandung Tahun Ajaran
2011/2012)” ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang menunjukkan masih
rendahnya kemampuan siswa dalam menulis. Hal tersebut disebabkan oleh
guru kurang optimal menggunakan media dalam pembelajaran menulis.
Penggunaan media berupa jejaring sosial yaitu Facebook, dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengeluarkan ide dalam menulis iklan.
Berdasarkan analisis hasil belajar siswa berupa tulisan iklan,
diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis iklan secara umum
mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus Isebanyak 19
siswa atau 66% siswa mempunyai nilai di bawah KKM. Sedangkan yang
memenuhiKKM berjumlah sepuluh orang dengan presentase 34%.Padasiklus II,
sebanyak delapan siswa atau 28% siswa mempunyai nilai di bawah KKM.
Sedangkan yang memenuhi KKM berjumlah 21 orang dengan presentase 72%.
Padasiklus I siswa yang mencapai tingkat kemampuan terendah mencapai
skor 40, dan pada siklus II naik menjadi 45.Tingkat kemampuan tertinggi
siswa mengalami peningkatan dari 85 pada siklus I menjadi 95 pada siklus
II.Hanya ada sebagian kecil siswa yang kemampuannya tetap pada siklus
tertentu. Adapun nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari 64
menjadi 78.Dengandemikiandapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis
iklan dengan menggunakan media facebook terbukti dapat meningkatkan
keterampilan menulis iklansiswa.
0 komentar:
Posting Komentar