| Daftar Isi | s_tm_056904_table_of_content.pdf |
| Bab I | s_tm_056904_chapter1.pdf |
| Bab II | s_tm_056904_chapter2.pdf |
| Bab III | s_tm_056904_chapter3.pdf |
| Bab IV | s_tm_056904_chapter4.pdf |
| Bab V | s_tm_056904_chapter5.pdf |
| Daftar Pustaka | s_tm_056904_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
STUDI DESKRIPTIF KESESUAIAN ANTARA PENILAIAN PENDIDIKAN DI SMK DENGAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DARI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
Penilaian pendidikan yang menjadi bagian penting dari penyelenggaraan
pendidikan semestinya dilaksanakan berdasarkan standar yang berlaku
menyeluruh yaitu Standar Nasional Pendidikan (SNP). Guru sebagai
pendidik juga sepatutnya tanggap dan terus berupaya meningkatkan
pemahaman dan mampu melaksanaan penilaian yang sesuai dengan standar
yang berlaku yaitu Standar Penilaian Pendidikan. Kenyataannya, tidak
semua guru mampu menerapkan standar ini, sebagian guru juga belum
memahami secara menyeluruh tentang berbagai hal yang menjadi komponen
dari standar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana perencanaan, pelaksanaan, analisis hasil, tindak lanjut hasil,
dan pelaporan hasil penilaian yang dilakukan guru berdasarkan Standar
Penilaian Pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMK yang cukup
berkualitas dan berlabel Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI),
sehingga diharapkan data yang diperoleh dapat menggambarkan bagaimana
penilaian di SMK yang memiliki predikat baik. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik
analisis datanya menggunakan persentase dan menggunakan kriteria
penafsiran data. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa sebagian
besar (98%) perencanaan penilaian yang dilakukan oleh guru telah sesuai
dengan Standar Penilaian Pendidikan, pelaksanaan penilaian telah
terlaksana 82% (sebagian besar), analisis hasil penilaian telah
terlaksana 98% (sebagian besar), tindak lanjut hasil penilaian telah
terlaksana 87% (sebagian besar), dan pelaporan hasil penilaian telah
terlaksana 86% (sebagian besar). Kesimpulannya, penilaian hasil belajar
siswa yang dilakukan oleh guru produktif di SMK “X” sebagian besar telah
sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)




0 komentar:
Posting Komentar