Daftar Isi | s_ppb_0703768_table_of_content.pdf |
Bab I | s_ppb_0703768_chapter1.pdf |
Bab II | s_ppb_0703768_chapter2.pdf |
Bab III | s_ppb_0703768_chapter3.pdf |
Bab IV | s_ppb_0703768_chapter4.pdf |
Bab V | s_ppb_0703768_chapter5.pdf |
Daftar Pustaka | s_ppb_0703768_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
PROFIL PERILAKU ETIS SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Penelitian ini didasari oleh fenomena banyaknya perilaku siswa yang
tidak sesuai dengan nilai yang berlaku di masyarakat, seperti berkelahi
dengan teman, berkata-kata kasar dan bersikap tidak sopan. Pedoman
tingkah laku sangat diperlukan oleh individu pada usia remaja agar
pergaulan sesama remaja dapat berjalan dengan baik sesuai dengan norma
masyarakatnya atau norma agama yang dianutnya, sehingga mereka terhindar
dari pergaulan yang menyimpang yang tidak sesuai dengan norma yang
berlaku di masyarakat. Tujuan penelitian adalah memperoleh gambaran dan
perbedaan perilaku etis antara siswa perempuan dan siswa laki-laki serta
Mengembangkan program bimbingan dan konseling yang sesuai dengan
kebutuhan siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Tahun Ajaran 2010/2011 untuk
membantu siswa mengembangkan perilaku etis yang dimilikinya. Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan
sampel dilakukan secara acak (random sampling). Pengambilan sampel
sebesar 50% dari populasi yaitu diperoleh 130 sampel penelitian. Hasil
penelitian menunjukan Perilaku Etis Siswa di SMA Pasundan 2 Bandung
umumnya tergolong pada kategori cukup baik. Dari 130 responden yang
dijadikan sampel dalam penelitian ini, 70% diantaranya atau 91 siswa
dapat disebut sebagai siswa yang berperilaku etis dengan kategori cukup
baik. Sebanyak 24 siswa atau 18,46% dari total responden termasuk siswa
berperilaku etis dengan kategori baik, sedangkan sisanya yaitu sebesar
11,54% atau 15 siswa tergolong memiliki perilaku etis dengan kategori
kurang baik. Perilaku etis siswa berdasaran jenis kelamin tidak terdapat
perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor perilaku etis siswa
perempuan dengan perilaku etis siswa laki-laki. Rekomendasi bagi Guru
BK/Konselor diharapkan mampu mengaplikasikan program hasil penelitian
untuk mengembangkan perilaku etis siswa yang telah dirancang peneliti
terhadap siswa kelas XI dengan keterampilan yang kreatif dan inovatif
untuk mengembangkan perilaku etis yang dimiliki siswa.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar