Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukabumi tahun ajaran
2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan simple random
sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas X Teknik Gambar Bangunan
sebanyak 30 siswa, kemudian dibagi dengan cara ordial menjadi dua
kelompok sebagai kelompok eksperimen sebanyak 15 siswa serta kelompok
kontrol sebanyak 15 siswa. Data kemampuan diperoleh dari hasil belajar
postest. Pengujian validitas dan reliabilitas instrument kemampuan
menerapkan dasar dasar gambar teknik pada menggambar dengan perangkat
lunak 2D menggunakan bantuan komputer program SPSS 13. Hipotesis untuk
hasil belajar menerapkan dasar dasar gambar teknik pada menggambar
dengan perangkat lunak di uji dengan uji t sampel independen. Hasil
penelitian menunjukan ada peningkatan kemampuan menerapkan dasar dasar
gambar teknik menggambar dengan perangkat lunak 2D yang signifikan
antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran model
Quantum Teaching and Learning pada taraf signifikansi 95% dengan
harga signifikansi 0,016. Rerata nilai “Gain” kelas eksperimen adalah
0,91 sedangkan kelas kontrol 0,53.
Kata Kunci : Model Quantum Teaching and Learning, Kemampuan,
0 komentar:
Posting Komentar