Home

Senin, 22 Oktober 2012

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN DASAR DASAR GAMBAR TEKNIK PADA MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK 2D MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING and LEARNING

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukabumi tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas X Teknik Gambar Bangunan sebanyak 30 siswa, kemudian dibagi dengan cara ordial menjadi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen sebanyak 15 siswa serta kelompok kontrol sebanyak 15 siswa. Data kemampuan diperoleh dari hasil belajar postest. Pengujian validitas dan reliabilitas instrument kemampuan menerapkan dasar dasar gambar teknik pada menggambar dengan perangkat lunak 2D menggunakan bantuan komputer program SPSS 13. Hipotesis untuk hasil belajar menerapkan dasar dasar gambar teknik pada menggambar dengan perangkat lunak di uji dengan uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan kemampuan menerapkan dasar dasar gambar teknik menggambar dengan perangkat lunak 2D yang signifikan antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran model Quantum Teaching and Learning pada taraf signifikansi 95% dengan harga signifikansi 0,016. Rerata nilai “Gain” kelas eksperimen adalah 0,91 sedangkan kelas kontrol 0,53.
Kata Kunci : Model Quantum Teaching and Learning, Kemampuan,


Daftar Isi s_pta_0800636_table_of_content.pdf
Bab I s_pta_0800636_chapter1.pdf
Bab II s_pta_0800636_chapter2.pdf
Bab III s_pta_0800636_chapter3.pdf
Bab IV s_pta_0800636_chapter4.pdf
Bab V s_pta_0800636_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_ptk_0800636_bibliography.pdf

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar