Daftar Isi | s_bd_0807281_table_of_content.pdf |
Bab I | s_bd_0807281_chapter1.pdf |
Bab II | s_bd_0807281_chapter2.pdf |
Bab III | s_bd_0807281_chapter3.pdf |
Bab IV | s_bd_0807281_chapter4.pdf |
Bab V | s_bd_0807281_chapter5.pdf |
Daftar Pustaka | s_bd_0807281_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
ÉFÉKTIVITAS MÉDIA AUDIO DINA PANGAJARAN NGAREGEPKEUN DONGÉNG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas XII
SMK Pasundan 1 Bandung dalam pembelajaran menyimak dongeng. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa dalam
kegiatan pembelajaran menyimak dongeng. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Media yang diujicobakan
yaitu dengan menerapkan media audio pada pembelajaran menyimak dongeng.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pasundan 1 Bandung. Kelas yang
digunakan sebagai sampel adalah kelas XII Pemasaran-1 sebagai kelompok
eksperimen dan kelas XII Akuntansi-3 sebagai kelompok kontrol, yang
masing-masing berjumlah 45 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik tes. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar
tes. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan telah mengatasi masalah dalam
penelitian, yaitu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran
menyimak dongeng. Dari hasil penelitian diperoleh skor rata-rata tes
awal pada kelompok eksperimen adalah 12,62, sedangkan skor rata-rata
pada tes akhir mengalami peningkatan menjadi 18,00 setelah dilaksanakan
pembelajaran menggunakan media audio. Selain itu, untuk skor rata-rata
kelompok kontrol pada tes awal adalah 13,07, sedangkan pada tes akhir
setelah adanya pembelajaran menggunakan metode konvensional mengalami
peningkatan menjadi 16,27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf
nyata 0,05 dengan dk 88 (nR08;2), diperoleh harga t tabel = 1,99 dan t
hitung = 7,79, dengan demikian th = 7,79 > tt = 1,99. Ternyata harga t
hitung lebih besar dari t tabel, dengan demikian Ho ditolak dan Hi
diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil tes yang cukup
signifikan antara penggunaan media audio dengan penggunaan metode
konvensional dalam pembelajaran menyimak dongeng. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, bisa disimpulkan bahwa penerapan media audio
efektif dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran
menyimak dongeng. Oleh karena itu media audio bisa dijadikan sebagai
sarana yang efektif dalam pembelajaran menyimak.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar