| Daftar Isi | s_bio_054392_table_of_content.pdf |
| Bab I | s_bio_054392_chapter1.pdf |
| Bab II | s_bio_054392_chapter2.pdf |
| Bab III | s_bio_054392_chapter3.pdf |
| Bab IV | s_bio_054392_chapter4.pdf |
| Bab V | s_bio_054392_chapter5.pdf |
| Daftar Pustaka | s_bio_054392_bibliography.pdf |
Senin, 22 Oktober 2012
PENERAPAN THINK PAIR AND SHARE SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP PADA KONSEP EKOSISTEM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi lisan
dan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran Think
Pair and Share pada pelajaran biologi. Profil peningkatan kemampuan
berkomunikasi lisan siswa dengan menggunakan lembar observasi,untuk
mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa menggunakan instrumen
berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal, dan juga melihat respons
siswa Penelitian ini menggunakan jenis penelitian weak experiment
dengan desain one group pretest and posttest design. Populasi dalam
penelitian adalah siswa SMP kelas VII. Analisis data untuk pengujian
hasil penelitian mengunakan uji normalized gain. Berdasarkan hasil
penelitian, terdapat peningkatan penguasaan konsep pada siswa dilihat
dari nilai pretest, posttest dan gain. Skor rata-rata (pretest) adalah
51,6, skor rata-rata (posttest) adalah 81,0. Nilai gain (G) rata-rata
yaitu sebesar 29,6 dengan gain yang ternormalisasi sebesar
0,59 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan hasil dari kemampuan
komunikasi lisan siswa yaitu pertemuan ke-1 32,5%, terus meningkat pada
pertemuan ke-2 dan ke-3 dengan persentase 47,5% dan 65,0%. Hal ini
menunjukan bahwa pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan
penguasaan konsep siswa dan kemampuan komunikasi lisan siswa.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)




0 komentar:
Posting Komentar