
"PENGEMBANGAN REPRESENTASI KIMIA SEKOLAH BERBASIS INTERTEXTUAL PADA PRINSIP LG CHATELIER (Pengaruh Tekanan Terhadap Kesetimbangan Kimia) DALAM BENTUK MULTIMEDIA"
Penelitian yang berjudul “Pengembangan Representasi Kimia Sekolah Berbasis Intertekstual pada Prinsip Le Chatelier (Pengaruh Tekanan terhadap Kesetimbangan Kimia) dalam Bentuk Multimedia” bertujuan untuk menghasilkan representasi kimia berbasis intertekstual pada prinsip Le Chatelier (pengaruh tekanan terhadap kesetimbangan kimia) dalam bentuk multimediadan mengetahui tanggapan guru dan siswa mengenai multimedia yang telah dibuat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif-evaluatif yang merupakan bagian dari metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Objek dalam penelitian ini adalah multimedia existing (video/animasi). Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan berupa format validasi kesesuaian indikator terhadap SK dan KD serta konsep terhadap indikator,tabel analisis video dan animasi yang sudah ada (multimedia existing), tabel validasi aspek konten dan aspek pedagogi, angket validasi ahli media dan, angket tanggapan guru dan siswa. Prosedur penelitian dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu diawali dengan identifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat pada standar isi dan contoh silabus kimiauntuk mengetahui posisi konten yang akan diteliti. Setelah mengetahui posisi/kedudukan konten dalam standar isi dan contoh silabus kimiaselanjutnya adalah melakukan kajian konten, kajian pedagogik, dan kajian prinsip multimedia. Hasil kajian digunakan untuk menganalisis multimedia existing berdasarkan aspek konten, aspek pedagogik, dan aspek prinsip multimedia. Hasil analisis multimedia existing digunakan untuk pembuatan script dan stroryboard. Script dan storyboard yang telah dibuat kemudian divalidasi aspek konten dan aspek pedagogiknya. Langkah selanjutnya adalah pembuatan multimedia berdasarkan script dan storyboard. Berdasarkan hasil validasi terhadap ahli multimedia, yaitu multimedia ini sudah valid dan layak untuk digunakan. Sedangkan hasil tanggapan guru dan siswa hampir seluruhnya memberikan tanggapan yang positif.
Link download di bawah ini:
Daftar Isi : Download
Bab 1 : Download
Bab 2 : Download
Bab 3 : Download
Bab 4 : Download
Bab 5 : Download
Daftar Pustaka : Download
Hanya sebagai referensi ya. Semoga bermanfaat :)
0 komentar:
Posting Komentar