Home

Minggu, 28 Oktober 2012

SKRIPSI Pendidikan Biologi: PEMBELAJARAN BIOLOGI BERMUATAN NILAI PADA KONSEP EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 0 komentar
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Biologi Bermuatan Nilai pada konsep Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Siswa“ telah dilaksanakan pada kelas VII A dan kelas VII C di SMP N 29 Bandung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar dan sikap siswa pada konsep ekosistem dengan menggunakan pembelajaran bermuatan nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah Quassi Experimental dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design.Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen terkait hasil belajar dan sikap siswa setelah menggunakan pembelajaran bermuatan nilai. Ini dapat terlihat dari nilai rerata postes hasil belajar siswa kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 78,17 untuk kelas eksperimen dan 64,27 untuk kelas control. Hal ini terbukti pula pada nilai indeks gain kelas eksperimen yaitu sebesar 0,36 yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 0,16. Pembelajaran bermuatan nilai ini pun menunjukan adanya peningkatan terhadap sikap siswa dengan terlihatnya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control. Hal tersebut dapat terlihat dari nilai rerata postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas control yaitu 26,1 pada kelas eksperimen dan 23,4 pada kelas kontrol.

Daftar Isi s_bio_0800429_table_of_content.pdf
Bab I s_bio_0800429_chapter1.pdf
Bab II s_bio_0800429_chapter2.pdf
Bab III s_bio_0800429_chapter3.pdf
Bab IV s_bio_0800429_chapter4.pdf
Bab V s_bio_0800429_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_bio_0800429_bibliography.pdf

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar