Home

Kamis, 12 Juli 2012

Inilah 4 Proyek Besar DKI Jakarta Tahun Ini ( Perlu Anda Tahu)

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , | 1 komentar
Jakarta - Pemerintah Pusat telah mencanangkan 4 proyek besar untuk DKI Jakarta pada tahun ini. Proyek ini dimasukkan dalam buku Public Private Partnership Infrastructure Projects Plan in Indonesia 2012 yang dikeluarkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Berikut 4 proyek besar tahun ini di Jakarta, seperti dikutip dari buku rencana proyek kerjasama pemerintah dan swasta atau PPP Book 2012, Kamis (11/7/2012).

1. Jalan Tol Akses Tanjung Priok

img


Proyek ini guna mengurangi kemacetan di sekitar pelabuhan Tanjung Priok. Pasalnya, pada kawasan tersebut banyak sekali truk dan kontainer yang lalu lalang menuju dan dari pelabuhan.

Konstruksi jalan tol ini akan dibiayai oleh pemerintah pusat, tetapi mengenai pengelolaannya akan dilakukan bersama swasta.

Panjang tol ini adalah 16,67 km dan membutuhkan investasi sebesar US$ 641,5 juta atau sekitar Rp 5,7 triliun. Perkiraan biaya untuk pembangunan sebesar US$ 612,5 juta dan biaya pembebasan lahan sebesar US$ 29 juta.

Pelaksanaan tender akan dilakukan pada tahun depan dan diperkirakan beroperasi pada tahun 2014 mendatang.

2. Proyek Air Bersih DKI Jakarta-Bekasi-Karawang

img

Proyek ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Jakarta, Bekasi, dan Karawang yang semakin bertambah. Nantinya, operator dari proyek ini diserahkan kepada Aetra dan PALYJA, PDAM Bekasi, dan PDAM Karawang.

Perkiraan investasi pada tahap I sebesar US$ 189 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun.

Persiapan pembangunan dilakukan pada tahun ini. Konstruksi dimulai tahun depan hingga tahun 2015. Dengan demikian, proyek ini akan mulai beroperasi pada tahun 2015.

3. Pengalihan Pelabuhan Tanjung Priok, ke Cilamaya Jawa Barat

img

Proyek ini berada di Karawang, Jawa Barat, guna mengurangi kelebihan kapasitas yang dialami pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan proyek ini diharapkan dapat mengurangi biaya transportasi dari industri yang berada pada kawasan Karawang ini sehingga produk ekspornya bisa memiliki harga yang bersaing dengan negara lain.

Perkiraan investasi sebesar US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 9,3 triliun. Rincian biaya, sebesar US$ 1,032 miliar untuk biaya pembebasan lahan sebesar US$ 2,36 juta.

Rencananya persiapan pembangunan pada tahun depan, sedangkan konstruksi dimulai pada tahun 2015 hingg 2018. Proyek ini direncanakan beroperasi pada tahun 2019.

4. Proyek Pengolahan Limbah Pabrik DKI Jakarta

img

Kondisi Jakarta semakin parah, terutama mengani sanitasi lingkungan yang disebabkan banyaknya limbah pabrik. Pemerintah berencana untuk mengurangi limbah ini sekitar 20 persen di kota-kota besar, termasuk Jakarta.

Perkiraan investasi untuk proyek ini sebesar US$ 200 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Proyek ini akan mulai disiapkan pada tahun depan. Pembangunannya akan dimulai pada tahun 2012 hingga tahun 2017. Setelah selesai, proyek ini bisa langsung beroperasi.

Demikian 4 Proyek Besar DKI Jakarta Tahun Ini. Semoga informasi ini bermanfaat.
Sumber: detik Finance

BACA JUGA ARTIKEL YANG TERKAIT DI BAWAH INI :

1 komentar:

REZA.F.RAFSANJANI mengatakan...

Hai. aku juga punya artikel yang berhubungan dengan jakarta. kunjungi saja di.

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2396/1/Kota%20Tua%20Jakarta%20Revitalisasi

%20Menyeluruh%20Atau%20Menghilang.pdf semoga bermanfaat. :)

Posting Komentar